Selasa, 21 Juni 2016

Monografi MN Model Martapura Bagian 2



Lokasi MIN Model Martapura

MIN Model Martapura dibagi menjadi dua tempat yang satu berada di desa Indrasari beralamat jalan Sekumpul No. 35 Indrasari kecamatan Martapura sebagai induk madrasah dan satunya lagi berada di desa Tanjung Rema beralamat jalan A.Yani Gg. Perintis No. 33 Tanjung Rema kecamatan Martapura kabupaten Banjar Kalimantan Selatan sebagai unit madrasah. Jarak antara madrasah induk dengan madrasah unit sekitar 4 Km dan sampai sekarang MIN Model Martapura memiliki dua lokasi penyelenggaraan dengan satu pimpinan kepala madrasah.
Letak geografis MIN Model Martapura induk Indrasari berada pada posisi yang strategis. Indikasi strategisnya lokasi tersebut dapat dilihat dari beberapa faktor pendukung antara lain dekat dengan : 1) Gedung Pusat Sangar Belajar Bersama (PSBB) kemenang kab. Banjar, 2) Kantor Pembakal desa Indrasari kec. Martapura Kota, 3) SMPN 33 Martapura, 4) Akbid Intan Martapura, 5) KUA kec. Martapura Kota, 6) Koramil 1006 Martapura, 7) Kantor Kementerian Pendidikan Kab. Banjar, 8) Kantor Sosial kab. Banjar, 9) Kota Banjarbaru, 10) Stadion Sepak bola Demang Lehman Martapura.

Sedangkan MIN Model Martapura unit Tanjung Rema juga berada pada posisi yang strategis. Lokasi tersebut dapat dilihat dari beberapa faktor pendukung antara lain dekat dengan : STAI Darussalam Martapura, Akbit Intan Martapura, Kodim 1006 Martapura, SMAN 1 Martapura, SMA Muhammadiyah Martapura, MTsN Model Martapura, STM Darussalam Martapura.
Kedua lokasi ini sangat strategis, karena berada di daerah perkotaan dan sekarang menjadi lokasi pengembangan perumahan khususnya wilayah desa Indrasari. Orang tua dan masyarakat sekitarnya 70% kelas menengah ke atas dari segi sosial, ekonomi, dan pendidikan.

Lingkungan Madrasah
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Model Martapura terletak di lingkungan pendidikan agamis dan perumahan penduduk. Dimana lingkungan masyarakatnya berpendidikan dan masih berpegang kepada budaya ketimuran yang masih terjaga dengan baik sehingga tercipta suasana sosial yang kondusif. Terlihat ketika sore hari anak-anak belajar baca tulis Al Quran (TK. Al Quran), dan setiap hari Sabtu khusus perempuan pergi ke pengajian yang berada di komplek PP. Darussalam Martapura.
      Sedangkan potensi lingkungan madrasah yang diharapkan mendukung program madrasah yaitu :
1          .      Adanya guru yang cukup dan berlatar belakang pendidikan sesuai dengan bidangnya.
2          .      Animo masyarakat sangat tinggi untuk menyekolahkan anaknya di MIN Model Martapura.
3          .      Adanya taman sekolah dan pepohonan yang sejuk dan nyaman.
4         .       Adanya sarana dan prasarana sekolah yang memadai.
5         .       Lokasi sekolah bisa dijangkau dengan kendaraan Umum.
6         .      Adanya sarana dan prasarana olahraga yang memadai.

A.     Visi, Misi dan Tujuan MIN Model Martapura
Visi :
Berakhlak mulia, berilmu pengetahuan, berprestasi, peduli lingkungan dan berwawasan global dengan dilandasi  nilai-nilai yang Islami

Misi :
1      .      Membudayakan nilai-nilai Islami.
2      .      Mengoptimalkan pembelajaran, pembimbingan dan ekstrakurikuler.
3      .      Meningkatkan kepedulian  warga madrasah terhadap lingkungan.            
4      .      Meningkatkan kerja sama yang lebih baik antar warga Madrasah,  komite dan masyarakat.

Tujuan :
1      .      Terwujudnya madrasah yang bermutu.
2      .      Terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia, cendikia, dan siap berkompetisi.
3      .      Terwujudnya madrasah yang mandiri dan populer.
4      .      Terwujudnya pelayanan pendidikan yang berkualitas

Strategi :
1.      Peningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM), kepala madrasah, guru dan staf.
2.   Peningkatan dan pengembangan proses belajar mengajar yang efektif dan efesien dengan menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013.
3.      Peningkatan dan pengembangan sarana dan prasarana madrasah.
4.      Peningkatan kualitas administrasi yang bernuansa transfaran, akuntabel, dan efesiensi.
5.      Peningkatan mutu manajemen madrasah efektif dan efesien.
6.      Pemberdayaan peran serta orang tua siswa dan masyarakat dalam menciptakan dan meningkatkan madrasah yang bermutu dan mandiri.

B.      Sarana Prasarana
Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh MIN Model Martapura dapat dilihat pada bagan dibawah ini :

No
Jenis Sarana Prasarana
Keberadaan, Kondisi, Jumlah dan Luas Sarana
Keberadaan
Kondisi
Jml
Luas Masing-masing (M2)
Ada
Tdk
Baik
Sdng
Krng
1
R. Kelas
a

16
9

25
56
2
R. Kamad
a

2


2
12
3
R. Guru
a

2


2
48
4
R. TU/kantor
a

1


1
24
5
R. Tamu
a

1


1
12
6
R. Perpustakaan
a

2


2
24
7
R. Laboratorium
a

4


4
36
8
R. Multimedia
a

1


1
36
9
R. Display

a





10
R. Musalla
a

1


1
56
11
R. OSIS

a





12
R. UKS
a

1


1
9
13
R. Keterampilan
a

1


1
6
14
R. BK
a

1


1
9
15
R. Serbaguna
a

1


1
72
16
R. Gudang
a

1


1
12
17
lainnya







         Luas seluruhnya (M2)
412

Jumlah dan Jenis Prasarana yang dimiliki
No
Jenis Prasarana
Untuk Penelitian
Keberadaan, Kondisi, Jumlah Prasarana
Keberadaan
Jenis
Jml
Keterangan

Ada
Tdk
Baik
Sdng
Krng
1
Bahan literatur
-       Buku
-       Kaset/CD/DVD
-       Gambar
-       lainnya

a
a
a



a
a
a




5000
70
50



Tidak ada komentar:

Posting Komentar