Lokasi MIN Model Martapura
MIN Model Martapura dibagi
menjadi dua tempat yang satu berada di desa Indrasari beralamat jalan Sekumpul
No. 35 Indrasari kecamatan Martapura sebagai induk madrasah dan satunya lagi berada di desa Tanjung Rema beralamat
jalan A.Yani Gg. Perintis No. 33 Tanjung Rema kecamatan Martapura kabupaten
Banjar Kalimantan Selatan sebagai unit madrasah. Jarak antara madrasah induk dengan
madrasah unit sekitar
4 Km dan sampai sekarang MIN Model Martapura memiliki dua lokasi
penyelenggaraan dengan satu pimpinan kepala madrasah.
Sedangkan MIN Model Martapura unit Tanjung Rema juga berada pada posisi yang strategis. Lokasi tersebut dapat dilihat dari beberapa faktor pendukung antara lain dekat dengan : STAI Darussalam Martapura, Akbit Intan Martapura, Kodim 1006 Martapura, SMAN 1 Martapura, SMA Muhammadiyah Martapura, MTsN Model Martapura, STM Darussalam Martapura.
Kedua
lokasi ini sangat strategis, karena berada di daerah perkotaan dan sekarang
menjadi lokasi pengembangan perumahan khususnya wilayah desa Indrasari. Orang
tua dan masyarakat sekitarnya 70% kelas menengah ke atas dari segi sosial,
ekonomi, dan pendidikan.
Lingkungan Madrasah
Madrasah Ibtidaiyah Negeri Model Martapura terletak di lingkungan pendidikan
agamis dan perumahan penduduk. Dimana lingkungan masyarakatnya
berpendidikan dan masih berpegang kepada budaya ketimuran yang masih terjaga
dengan baik sehingga tercipta suasana sosial yang kondusif. Terlihat ketika
sore hari anak-anak belajar baca tulis Al Quran (TK. Al Quran),
dan setiap hari Sabtu khusus perempuan pergi ke pengajian yang berada di
komplek PP. Darussalam Martapura.
Sedangkan potensi
lingkungan madrasah yang diharapkan mendukung program madrasah yaitu :
1 .
Adanya guru yang cukup dan berlatar belakang
pendidikan sesuai dengan bidangnya.
2 .
Animo masyarakat sangat tinggi untuk
menyekolahkan anaknya di MIN Model Martapura.
3 .
Adanya taman sekolah dan pepohonan yang
sejuk dan nyaman.
4 .
Adanya sarana dan prasarana sekolah yang memadai.
5 .
Lokasi sekolah bisa dijangkau
dengan kendaraan Umum.
6 .
Adanya sarana dan prasarana olahraga yang
memadai.
A. Visi, Misi dan Tujuan MIN Model Martapura
Visi :
Berakhlak
mulia, berilmu pengetahuan, berprestasi, peduli lingkungan dan berwawasan
global dengan dilandasi nilai-nilai yang
Islami
Misi :
1 . Membudayakan nilai-nilai Islami.
2 . Mengoptimalkan pembelajaran, pembimbingan dan ekstrakurikuler.
3 . Meningkatkan
kepedulian warga madrasah terhadap
lingkungan.
4 . Meningkatkan kerja sama yang lebih baik antar warga Madrasah, komite dan masyarakat.
Tujuan :
1 . Terwujudnya madrasah yang bermutu.
2 . Terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia, cendikia, dan siap
berkompetisi.
3 . Terwujudnya madrasah yang mandiri dan populer.
4 . Terwujudnya pelayanan pendidikan yang berkualitas
Strategi
:
1.
Peningkatkan
kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM), kepala madrasah, guru dan
staf.
2. Peningkatan
dan pengembangan proses belajar mengajar yang efektif dan efesien dengan
menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan kurikulum 2013.
3.
Peningkatan
dan pengembangan sarana dan prasarana madrasah.
4.
Peningkatan
kualitas administrasi yang bernuansa transfaran, akuntabel, dan efesiensi.
5.
Peningkatan
mutu manajemen madrasah efektif dan efesien.
6.
Pemberdayaan
peran serta orang tua siswa dan masyarakat dalam menciptakan dan meningkatkan
madrasah yang bermutu dan mandiri.
B. Sarana Prasarana
Sarana
dan prasarana yang dimiliki oleh MIN Model Martapura dapat dilihat pada bagan
dibawah ini :
No
|
Jenis Sarana Prasarana
|
Keberadaan, Kondisi, Jumlah dan Luas
Sarana
|
||||||
Keberadaan
|
Kondisi
|
Jml
|
Luas Masing-masing (M2)
|
|||||
Ada
|
Tdk
|
Baik
|
Sdng
|
Krng
|
||||
1
|
R. Kelas
|
a
|
16
|
9
|
25
|
56
|
||
2
|
R. Kamad
|
a
|
2
|
2
|
12
|
|||
3
|
R. Guru
|
a
|
2
|
2
|
48
|
|||
4
|
R. TU/kantor
|
a
|
1
|
1
|
24
|
|||
5
|
R. Tamu
|
a
|
1
|
1
|
12
|
|||
6
|
R. Perpustakaan
|
a
|
2
|
2
|
24
|
|||
7
|
R. Laboratorium
|
a
|
4
|
4
|
36
|
|||
8
|
R. Multimedia
|
a
|
1
|
1
|
36
|
|||
9
|
R. Display
|
a
|
||||||
10
|
R. Musalla
|
a
|
1
|
1
|
56
|
|||
11
|
R. OSIS
|
a
|
||||||
12
|
R. UKS
|
a
|
1
|
1
|
9
|
|||
13
|
R. Keterampilan
|
a
|
1
|
1
|
6
|
|||
14
|
R. BK
|
a
|
1
|
1
|
9
|
|||
15
|
R. Serbaguna
|
a
|
1
|
1
|
72
|
|||
16
|
R. Gudang
|
a
|
1
|
1
|
12
|
|||
17
|
lainnya
|
|||||||
Luas seluruhnya (M2)
|
412
|
|||||||
Jumlah
dan Jenis Prasarana yang dimiliki
No
|
Jenis Prasarana
Untuk Penelitian
|
Keberadaan, Kondisi, Jumlah Prasarana
|
||||||
Keberadaan
|
Jenis
|
Jml
|
Keterangan
|
|||||
Ada
|
Tdk
|
Baik
|
Sdng
|
Krng
|
||||
1
|
Bahan literatur
-
Buku
-
Kaset/CD/DVD
-
Gambar
-
lainnya
|
a
a
a
|
a
a
a
|
5000
70
50
|
||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar